Pages

Rabu, 30 Mei 2012

saddha,buddha,dan dhama


Saddha secara etimologi ialah keyakinan,kepercayaan sebenar-benarnya.keyakinan disini bukanlah sekedar keyakinan,melainkan yakin secara apriori dan absolutli.saddha sendiri dalam perluasan makna yaitu keyakinan dalam hati,kepercayaan dalam fikiran,dan keimanan dalam menjalankan bakti.pujangga buddhis yang bernama ASANGA,pernah mengemukakan unsur-unsur yang terdapat pada saddha , yaitu terdapat 3 unsur yang diantaranya :
·         Keyakinan yang kuat terhadap sesuatu hal.Maksud disini,sudah tidak adanya keraguan lagi terhadap keyakinan tersebut
·         Kegembiraan mendalam terhadap sifat-sifat baik,hal ini dalam pengaplikasian terhadap bakhti.
·         Harapan mendapatkan atau memperoleh sesuatu dikemudian hari.
Perbedaan saddha dengan kepercayaan ialah, kepercayaan merupakan keadaan seseorang yang  meyakini sesuatu yang diyakininya,sedangkan dia belum mengetahui prihal yang diyakininya.saddha yakni mempercayai suatu keyakinan sedangkan ia telah mengetahui prihal yang diyakininya.

Para buddha
Buddha Berasal dari bahasa Sansekerta budha berarti menjadi sadar, kesadaraan sepenuhnya; bijaksana, dikenal, diketahui, mengamati, mematuhi.
            Buddha berarti seorang yang telah mencapai Penerangan atau Pencerahan Sempurna dan Sadar akan Kebenaran Kosmos serta Alam Semesta. “Hyang Buddha” adalah seorang yang telah mencapai Penerangan Luhur, cakap dan bijak menuaikan karya-karya kebijakan dan memperoleh Kebijaksanaan Kebenaraan mengenai Nirvana serta mengumumkan doktrin sejati tentang kebebasan atau keselamatan kepada dunia semesta sebelum parinirvana.
Boddhisatva
            Boddhisatva secara etimologi berasal dari 2 suku kata, boddhi yaitu suci dan satva yaitu makhluk.jadi boddhisatva artinya makhluk suci.secara terminologi ialah orang yang mempersiapkan diri untuk mencapai tingkatan buddha.

0 komentar:

Posting Komentar